Minggu, 16 Agustus 2015

14 Tips Supaya T-Shirt Panjang Umur


Oleh Yoseph Kelik

HALO semuanya, selamat pagi, siang ataupun sore... . Eh, mau sedikit nanya nih. Biasanya berapa tahun sih masa pakai t-shirt yang kalian punya?  Itu kalau dihitung dari pertama punya atau beli sampai akhirnya si t-shirt yang bersangkutan dipensiunkan ya... .

Hmmm...kalau saya sih punya tiga t-shirt warna hitam yang tergolong panjang umur. Seingat saya, tiga oblong tersebut itu sudah mengabdi sekitar 8-10 tahun. Sampai sekarang pun kaus-kaus itu masih sering. Saya pakai.

Nah, kali ini saya mau berbagi beberapa tips merawat t-shirt. Itu mulai dari cuci, setrika,juga sejumlah saran penggunaannya.

Tentu tujuannnya agar si t-shirt awet, panjang umur dalam hal masa pakainya.

1. Cucilah t-shirt berdasarkan kesamaan warna. Hitam bersama hitam semuanya, putih serempak putih semuanya, merah barengan merah semuanya, dan seterusnya... .

2. Mencuci t-shirt secara manual dengan tangan sebenarnya lebih disarankan. Bagi t-shirt, itu lebih ramah untuk sablonan, kain, dan jahitan daripada pencucian memakai mesin cuci.

3. Ketika mencuci t-shirt, janganlah menyikatnya. Itu bisa merusak sablonan dan kain.

4. Saat hendak mencuci t-shit, jangan merendamnya terlampau lama dalam air berdeterjen. Idealnya, t-shirt terendam dalam air berdeterjen antara 30 menit - 1 jam saja.

5. Cara yang lebih disarankan utk mengeringkan t-shirt sehabis dicuci adalah secara manual dengan dijemur, bukan  dengan memakai pengering di mesin cuci yang bisa saja bikin t-shirt melar ataupun mengkeret.

6. Hanya saja, jangan juga menjemur t-shirt di tempat yang terlalu panas. Lebih baik taruh di tempat yang cukup teduh sehingga  pengeringan pada dasarnya lebih mengandalkan hembusan angin.

7. Jangan gunakan hanger kala menjemur/mengangin-anginkan  t-shirt. Terlebih lagi jika hanger itu dipasang di bagian pundak dan leher kaus sebagaimana orang biasa memakai hanger untuk menjemur kemeja. Sungguh jangan melakukan hal tersebut. Catat dan ingat itu baik-baik. Memakai hanger utk menjemur t-shirt dengan memasangnya di bagian pundak dan leher kaus sangat mungkin bikin kaus melar, terutama di bagian leher.

8. Hanger sebenarnya masih bisa dipakai untuk menjemur t-shirt, asalkan dengan cara melipatkan kaus pada batang horizontal di bagian bawah hanger.

9. Segera setrika t-shirt begitu kering sehabis dijemur. Ini bakal menjaga kain tetap mulus, sablonan pada t-shirt pun tak lantas tertekuk-tekuk dan kucel oleh karena kaus yang lama tak tersetrika.

10. Cara setrika t-shirt yg paling ideal adalah membalik bagian dalam kaus jadi bagian luar. Dengan demikian,  bagian dalam kauslah yang diprioritaskan untuk disetrika. Jika bagian luar t-shirt distrika juga, hindari menggerakkan dan menimpakkan setrika ke area bersablon. Ini agar sablon pada t-shirt tidak mengalami rusak seperti lengket atau retak.

11. Simpan t-shirt dengan melipatnya rapi dalam lemari.

12. Pisahkan antara t-shirt yang difungsikan sebagai pakaian sehari-hari dengan t-shirt yang difungsikan sebagai busana gaul. Ini tentu supaya t-shirt gaulmu lebih awet karena tak terforsir oleh pemakaian yang tak terlalu perlu.

13. Jangan pakai t-shirt gaulmu utk tidur mlm. Itu bisa bikin sablonannya terlipat-lipat dan kisut, juga bikin bagian lehernya lebih kotor serta sukar dibersihkan karena dipaksa menyerap banyak keringat yang dikeluarkan tubuh selama tidur.

14. Terakhir, supaya t-shirt awet, maka jangan juga menjemurnya sembarangan di tempat yang tak aman aman, semisal di pagar depan rumah atau bahkan di pinggir jalan muka rumah. Daripada nanti malah  diembat maling kan...
<<<+>>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar